Senin, 27 Mei 2019

Pre Tes : Ketepatan Melempar

Pre Tes : Ketepatan Melempar


Pengertian Ketepatan adalah Secara garis besar dalam permainan petanque ketepatan  sangatlah diperlukan disaat melempar bola besi untuk mendekat dengan (boka) ,seorang pemain petanque harus bisa menempatkan bola besi sedekat-dekatnya dengan boka.Pendapat lain menurut Sanjoto yang dikutip oleh Soleh (2007: 6), bahwa ketepatan adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran. Ketepatan merupakan faktor yang diperlukan seseorang untuk mencapai target yang diinginkan.
Contoh Latihan :
1.      Bola besi diletakan pada lapangan petanque dengan jarak 5 m/7m.dimana seorang yang melempar bola besi harus mengenai bola besi yang diletakan.

Sejarah Permainan Petanque


A.   Sejarah Permainan Petanque
Petanque (diucapkan Pe.ta:k dalam bahasa Prancis atau pay/tah-k atau petong) awalnya merupakan permainan tradisional asal negara Prancis yang merupakan pengembangan dari permainan jaman Yunani Kuno sekira abad ke-6 SM, versi modern dari permainan petanque diperkenalkan oleh Jules Boule Lenoir pada tahun 1907 di kota La Ciotat, di Provence, di selatan Prancis. 
Kata Petan berasal dari kata Les Ped Tanco atau Petanca berdasar dialek Provencal dari bahasa Occitan yang berarti kaki rapat, salah satu teknik dasar bermain petanque adalah kaki yang rapat tidak mengangkat kaki yang menapak ke tanah.Agar bisa dikembangkan sebagai cabang olahraga prestasi permainan tradisional ini distandarkan dan dibuat aturan baku yang berlaku universal, dengan induk olahraga petanque internasional bernama Federation Internationale de Petanque et Jeu Provencal (FIPJP) yang didirikan di Marseille, Prancis pada tahun 1958.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar